Mercedes Benz setelah meluncurkan Chassis dengan suspensi udara (Air Suspension) seri OH 1626 kemudian OH 1830 saat ini yang terbaru adalah Chasis OH 1836 dimana Chassis ini mampu dibebani hingga 18 Ton dan bertenaga 360 HP. luar biasa sekali karena Chassis Mercy OH 1836 dikategorikan sebagai Chassis kelas premium jadi untuk harga jangan di tanya. Karena saat ini Chassis Mercedes Benz OH 1836 tergolong masih baru banyak dari PO (Perusahaan Otobus) melirik untuk membangun sebuah bis di atas chassis ini dengan berbagai model dari karoseri, misal dengan baju model JetBus dari Adiputro atau, Scorpion King dari Karoseri Tentrem atau model-model yang lain dari karoseri -karoseri di Indonesia.
Chassis OH 1836 dibuat dengan model Space Frame seperti halnya OH 1830 dan OH 1626 yang bertujuan untuk menambah kenyamanan penumpang, peningkatan kualitas dan biaya perawatan yang lebih murah. Untuk lebih jauh mengenai Chassis MB OH 1836 mungkin baiknya mengetahui spek dari Engine dan chassis Mercedes Benz OH 1836.
Tehnikal Spesifikasi Mercedes Benz OH 1830/ OC 500 RF
Engine Model
|
MB OM 475 LA. III/22 ; Euro III
|
General Characteristics
|
6 cylinders, vertical in-line, turbo charged and intercooled
|
Power max
|
260 kW (354 cv) @ 2000 rpm
|
Torque max
|
1600 Nm @ 1100 rpm
|
Displacement
|
11.967 cc
|
Clutch Model
|
MFZ 430
|
Type
|
Single disc
|
Actuation
|
Hydro pneumatic with servo-assistance
|
Gearbox Model
|
MB GO 190
Manual with 6-speed transmission
|
Shifting system
|
Manual lever, by cables
|
Synchronized gears
|
6
|
Gear ratio
|
i=8.17/4.65/2.79/1.81/1.25/1.00 and R= 7.68
|
Maximum speed (km/h)
|
120
|
Maximum ramp capacity (%)
|
Vehicle loaded ; 48 %
|
Front Axle Model
|
Independent RL 75 E
|
Technical loads
|
7.100 Kg
|
Rear Axle Model
|
MB- HO 6 / 3 DCL(S)-13
|
Gear Ratio
|
i=3,154
|
Technical loads
|
11.500 Kg
|
Front Suspensions Type
|
Pneumatic, with 2 air bellows
|
Shock absorbers
|
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
|
Rear Suspensions Type
|
Pneumatic, with 4 air bellows
|
Shock absorbers
|
2 telescopic with double action with Stabilizer bar
|
Steering Model
|
ZF 8098 Hydraulic, power assisted
|
Wheels and Tires
| |
Wheel ring / Tires
|
8.25x22.5/ 295/80 R 22.5
|
Alternator
|
1 X 28 V / 140 A
|
Battery
|
2 x 12 V / 200 Ah
|
Brakes / Safety related
|
EBS – Electronic Brake System (Wabco), ABS and ASR integrated
|
Service Brake
|
Dual circuit full air brake with disc brake front and rear
|
Parking Brake
|
Chamber with accumulative spring, pneumatically operated
|
Nah itu tadi spesifikasi chassis dan engine MB OH 1836 dari tabel di atas bahwasanya Chassis ini memang di peruntukan bagi bis kelas premium yang mengutamakan kenyamanan dilihat dari suspensi udara yang indipendent (front Axle), dimana Axle depan dapat di bebani hingga 7,1 Ton dan Axle belakang dapat dibebani 11,5 Ton
Kelebihan menggunakan Chassis MB OH 1836 adalah selain suspensi udara yang super empuk, PO (perusahaan otobus) juga dapat membuat bis yang lebih panjang hingga 12,8 Meter karena sebelumnya chassis bis memiliki panjang maksimal 12 meter saja. Dengan demikian kapasitas penumpang / seat bertambah, pastinya menambah keuntungan :)
Dimensional OH 1836
Wheel Base | 6.650 mm |
Front Overhang | 2.680 mm |
Rear Overhang | 3.470 mm |
TOTAL | 12.800 mm |
Dan untuk membangun sebuah bodi bis dengan chassis OH 1836 pastinya harus memenuhi beberapa kriteria dan syarat ketentuan dari Mercedes benz yang paling utama adalah material tubular pipe harus sesuai rekomendasi, biasanya menggunakan seri pipa STKM 13B dengan pengujian kekuatan sebagai berikut : Tensile Strangth ≥ 440 N/mm², Yield Strength ≥ 305 N/mm² , Elongation 15-20 % atau setidaknya lebih tinggi dari material yang di rekomendasikan.
salah satu foto chassis O500R 1836
salah satu foto chassis O500R 1836
Nah itu tadi sekilas mengenai Chassis Mercedes benz OH 1836 semoga bisa menambah pengetahuan terutama bagi perusahaan auto body builder / karoseri yang ingin membangun sebuah bis di atas Chassis Space Frame OH 1836.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar